Rajab -> Sya’ban -> Ramadhan

Posted in Uncategorized on July 14, 2008 by markonas

Assalamu’alaikum..

alahmdulillah bisa mulai nulis lagi. Ntah kenapa beberapa bulan ini, si Jari Tangan ini jadi susah digerakkan untuk menulis (mengetik dink 😀).

Tak terasa sekarang sudah bulan Rajab 2 bulan lagi Romadhon. Sudah siapkah kita? Blan rajab adalah salah satu dari 4 bulan yang dimuliakan Allah. (Seingat saya Muharram, Dzulka’idah, Sya’ban dan satu lagi lupa 😀 mohon dibenarkan ). Nah di bulan ini kita harus sudah mulai mempersiapkan hati kita, fisik kita untuk menyambut bulan Romadhon yang hampir semua umat muslim akan memiliki hoby baru. -> ke Masjid.

Tentang bulan Romadhon disambung kapan-kapan aja yah? 😀

Sekarang mengenai bulan Rajab. Pada bulan ini kita dianjurkan memperbanyak istighfar dan sholawat ke rasul kita. Bulan Rajab sebaiknya kita manfaatkan untuk mensucikan hati kita agar saat bulan romadhon menjemput kita, kita sudah siap. Ibarat seorang atlit yang akan bertanding, harus pemanasan dulu. dan pemanasan nya juga harus benar-benar pemanasan agar saat bertanding tidak terjadi kesalahan yang tidak perlu, ntah kaki kram atau apapun lah.

Oia, jangan lupa. Pada bulan ini ada peristiwa penting yang dialami Rasulullah tepat nya (kata Bpk guru Sejarah Islam ) mengenai perintah sholat lima waktu. Ya’ betul sekali Isra’ Mi’raj.  Cerita tentang perjalanan nabi ini cukup panjang bila diceritakan. Hehee (males nulis -> ntar tak golek ke link ny aja ya :D).  Yang lebih utama  adalah  makna dari peristiwa ini  tentang perintah sholat lima waktu.

Nah, kita harus ingat bahwa perintah Allah yang satu ini sangat utama. Jadi di bulan ini kita ingat-ingat lagi. bagaimana sholat kita sekarang.

Bagi yang belum bis arutin, semoga bisa mulai rutin.

Bagi yang sudah rutin, kita koreksi lagi. apakah sholat kita masih termasuk Fawailullil Musholliin…

Pokoknya semoga kita bis amenjadi manusia yang semakin baik setiap hari nya.

sekian dulu yah.. 😀

Wassalam

mulai KP (Kerja Praktek)

Posted in my life on June 5, 2008 by markonas

Assalamu’alaikum..

Alhamdulillah akhirnya bisa mulai nulis lagi. Sekedar cerita, sya sekarang sedang PKL (istilah disini) di Kandatel Solo (Kantor Daerah Telkom Solo) karena ada 1 sks mata kuliah KP (Kerja Praktek).  Yaa, lumayan lah buat ngisi liburan plus dapat tambahan ilmu.

Hari pertama disini BINGUNG banget, ga ngerti mau ngapain. Yaah, maklum hari pertama belum tau harus bekerja apa, harus ngapain dan lain-lain. Alhasil, hari pertama cuman baca-baca buku, baca koran, ngenet (itu pun kalu komputernya tidak sdang dipakai),  ngebantuin beres-beres ruangan. Hari pertama selesai dengan bingung 😀

Hari kedua, tampaknya sudah ada jalan terang. Dari pagi sampai siang seperti hari pertama. Mulai siang hari beres-beres gudang, terus dapet fasilitas komputer, terus abis ashar ngeberesin Kabel-kabel LAN yang ruwet.

Semoga hari-hari berikutnya lebih menyenangkan lagi. Amiin…

Sekian untuk hari ini. To be continued.

Wassalam

Setelah Sekian Lama

Posted in renungan sejenak on April 23, 2008 by markonas

Assalamu’alaikum.

Hampir 2 bulan saya tidak menulis. Tak tau kenapa si jari ini jadi berhenti saat mau menulis. 😀

Tak terasa, sudah hampir 3 tahun di Bandung. Nambah apa ya?

Saya sekedar brcerita sedikit tentang buku tentang saya baca (belun selesai) judulnya “THE STARBUCKS EXPERIENCE (5 prinsip untuk mengubah Hal biasa menjadi luar biasa)”. Inti cerita ini adalah kekuatan kepedulian dan empati untuk mendasari apapun yang kita lakukan.

Tapi kenyataan nya, sekarang kita sulit sekali menemukan orang yang masih peduli terhadap sekitar.

Peduli terhadap lingkungan nya.

Peduli terhadap teman-teman nya.

Peduli terhadap orang lain.

Peduli terhadap detil-detil kecil yang sebenarnya sangat penting, tapi sering dilupakan.

Sekarang orang sudah mulai bodo amat dengan apa yang dia lakukan bakal bikin orang lain kesel ato nggak. ( untuk bab ini lebih lengkapnya bisa baca disini).

Bersambung nanti malam…. 😀

Rencana Hidup, Jadwal Kegiatan, & Evaluasi.

Posted in renungan sejenak on February 21, 2008 by markonas

Akhirnya setelah sekian lama vakum tidak menulis. Hari mulai menulis lagi.

Semester baru semangat baru, baju baru, cewek baru…. hehe 😀

Setiap manusia normal pasti punya cita-cita. Untuk dapat mewujudkan cita-cita itu dibutuhkan ikhtiar dan do’a. Ikhtiar (usaha) setiap insan bisa beda. Salah satu cara yang insyaAllah bermanfaat adalah dengan membuat RENCANA HIDUP. rencana hidup bisa kita buat dengan target per bulan, per tahun, bisa juga pe 5 tahun. Dengan membuat tujuan hidup yang DITULIS di rencana hidup kita. insyaAllah akan menjadikan kita satu langkah lebih dekat dengan cita-cita kita.

Setelah menulis rencana dan cita-cita hidup kita. lanjutkan dengan menulis jadwal kegiatan kita. Dengan membuat jadwal kegiatan, insyaAllah waktu kita yang dibuang untuk melekukan hal yang sia-sia akan banyak berkurang. Jadwal kegiatan, biasanya dibuat jadwal harian atau jadwal mingguan. Satu langkah lagi lebih dekat dengan cita-cita kita :).

Selanjutnya, setiap selesai melakukan kegiatan (apapun) biasakan melakukan evaluasi. Lebih bagus saat kita selalu mengevaluasi dan merenungkan kegiatan kita setiap hari. Waktu yang tepat adalah sebelum tidur malam. Biasakan mengevaluasi apa yang sudah kita lakukan seharian. Mana yang baik, mana yang buruk. Selanjutnya dari hasil renungan ini, rencanakan apa yang akan kita lakukan esok hari.

Sambil melakukan tiga pola di atas, jangan lupa. Do’a kepada yang di atas. Karena segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah kehendakNya. Manusia wajib berusaha, Allah yang berkehendak atas usaha hambanya. Karena Dia yang Maha Adil dan Maha Tahu apa yang terbaik untuk hambanya.

Semoga diberi kekuatan untuk mewujudkan mimpi dan cita2. Amiiin. 😀img_0855.jpg

Mencari Jodoh dan Ibu

Posted in Uncategorized on February 11, 2008 by markonas

Assalamu’alaikum

Ibu adalah sosok yang tak mungkin bisa dilepas setiap manusia. Banyak sekali cerita yang mengisahkan kasih sayang ibu terhadap anak nya. Bahkan ada cerita seseorang yang menggendong Ibu nya naik Haji dan melaksanakan semua rukun nya dari thawaf sampai wukuf dengan menggendong ibunya. Bila dihitung masih belum bisa membalas rasa kasih sayang dan budi baik dari ibu ke anak nya. Subhanallah…………..

Saat laki-laki dewasa mencari calon ibu untuk anak-anaknya. Entah secara sadar atau tidak, sebagian besar laki-laki mencari sosok pendamping hidup yang mirip dengan ibunya. Saat sang Ibu adalah seorang fighter yang tangguh. Sang lelaki akan mencari pasangan yang tangguh dan kuat. Saat sang Ibu adalah seorang yang lembut, penyayang.  Sang lelaki akan mencari pasangan yang begitu juga.

Saya sendiri, sangat kagum dengan ibu saya yang cerdas dan care terhacap anak-anak nya. Semoga bisa mendapat pendamping yang terbaik untuk hidup. Amiin…….

Mungkin ini hanya pendapat saya, silahkan dibuktikan sendiri kebenaran nya.

Sebenarnya ini sudah saya tulis sebulan yang lalu. Tapi baru bisa saya publish.

“Kesempatan”

Posted in my life on January 6, 2008 by markonas

Kemarin saya mendapat beberapa pengalaman yang cukup seru. Hari itu tepatnya tanggal 6 Januari 2008. Saya mengawali hari dengan kurang nyaman, karena saya merasa membuat kesal seseorang yang sekiranya membutuhkan saya. Saat seseorang sedang membutuhkan teman tapi kita yang dibutuhkan kurang peduli dengan dia. Alhamdulillah, masalah bisa langsung diselesaikan dengan ketemu dan ngobrol sejenak. 🙂

Saat di kost, istirahat sebentar pengen nya langsung mandi dan melanjutkan hari lagi. Setelah bercanda dengan teman (cukup menenteramkan hati), saya ke kamar mandi untuk mandi. Tapiii………….

Saya melihat suatu keanehan, piring-piring dan gelas. Sejak lebaran Iedul Adha tidak ada yang mau mencuci karena merasa itu bukan DIA yang memakai. Dan kamar mandi terasa jorok sekali mulai dari sampah yang ada dimana-mana, bekas tumapahan sabun yang tidak dibersihkan, pokoknya klo’ kamar mandi di sebelah kosong mendingan mandi di sebelah. Yaah, mumpung sedang semangat iseng-iseng cuci piring,gelas, dan bersihin kamar mandi. Semoga teman-teman kost bisa sadar kalau hidup di dunia ini kita tidak sendiri, semoga saya bisa menjadi orang yang  bermanfaat bagi orang lain. Amiiin..

Singkat cerita, setelah mandi, makan siang lalu ke kampus, ikut rapat koordinasi sebentar,  sekitar jam 3 an diminta teman menemani ke BEC beli laptop. Disini ada sebuah pelajaran yang cukup menarik. Sebenarnya, judul yang saya tulis di atas adalah inti cerita yaang akan saya sampaikan ini.

Sebelum teman saya mengajak ke BEC, ternyata dia sudah kesini duluan. Beli Chassing Hard Disk Eksternal sambil melihat si Laptop yang sudah cukup lama diincar (COMPAQ Pressario c3660). Lebih tepatnya lagi si Laptop cukup menarik dan si penjual menawarkan tambahan (upgrade) dengan harga yang sama. Tapi, sayang sekali saat kembali ke toko yang menyediakan tambahan fasilitas itu. Si Laptop sudah habis stok nya, sudah di beli orang lain. Betapa “seru“nya sensasi yang dialami oleh jantung teman saya saat tahu laptop yang sudah lama dia idamkan dan tadi ada kesempatan untuk membelinya, tiba-tiba sudah tidak ada. Serasa seperti saat kita sedang mengejar seseorang dan si orang tersebut sudah nampak jelas akan berkata iya, hanya tinggal ngomong. Tapi gara-gara kita terlalu lama, si doi sudah keburu diambil oleh orang lain. (Hiperbolis banget ya? :).)

Alhamdulillah bisa mendapay ganti nya di toko lain, dengan harga yang berbeda sedikit. Yaah daripada mengulangi kesalahan yang sama. 😀

img_0867.jpg

Pelajaran yang bisa diambil dari sini adalah, saat ada kesempatan unutk mendapatkan sesuatu. Atau pada saat ada kesempatan untuk sesuatu yang insyaAllah itu untuk kebaikan kita. Jangan terlalu lama menunggu, takutnya akan ada penyesalan karena tidak sempat atau tidak jadi dapat. Lebih sakit lagi saat kita seharusnya bisa melakukan sesuatu, tapi karena kurang cekatan atau kurang apapun lah kita jadi menyesal tidak melakukan apa-apa.

Kesempatan tidak datang 2 kali bung.  Walaupun sebenarnya hanya Allah yang Maha Adil dan yang Maha Tahu apa yang terbaik untuk hambanya.

Nb. mungkin ini agak nyambung sengan tulisan saya sebelum nya. Hidup itu “pilihan”

Hari Yang Indah

Posted in Uncategorized on January 5, 2008 by markonas

Assalamu’alaikum.

Hari ini tanggal 5 Januari 2007, malam hari nya di tutor kifli SisMik “Sistem Mikroprosessor” karena pagi hari nya harus presentasi ke dosen. Sayangnya, Pak Dosen ngga’ bisa datang. Mungkin ada urusan lain yang lebih penting. Lalu, jam 11 saya nganter teman ke rumah nya di daerah Sukarno Hatta. Perjalanan yang terasa sangat panjang, siang hari yang panas, berada di antara mobil, bus, truk, dan kendaraan lain yang penuh polusi. Ditambah lagi kota Bandung di hari Sabtu yang sangat macet, dan mayoritas kendaraan yang membuat macet ber plat “B”. Saat sampai di daerah Kiara Condong, terasa sekali bahwa kota Bandung adalah kota besar di Indonesia yang sangat Semrawutartinya kurang lebih kacau sekali lah. Mulai dari jalan yang sudah banyak yang berlubang, jalur lalu lintas yang membingungkan, dan lebih parah lagi sampah ada dimana-mana.

Sampai dirumah teman saya. Langsung merebahkan badan di Spring bed, sangat nyaman setelah berpanas-panas ria di Jalan kota bandung. Singkat cerita setelah mengambil baran, kembali ke kampus dengan perjalanan yang suasananya sama seperti saat berangkat tadi. Sampai di kampus sudah ditunggu Adinda mau acara training Jurnalistik di daerah Cikutra.

Di training ini saya bertemu dengan banyak orang yang menarik. Saya ingin menceritakan teman baru saya yang bernama Bonnie. Bonnie hanya seorang laki-laki biasa yang dibesarkan di keluarga yang biasa juga. Tetapi, Bonnie punya cita-cita yang luar biasa. Dia sekarang mempunyai sebuah kios atau toko buku yang dia dirikan bersama beberapa teman nya. 

Training sampai jam 6, terus sholat maghrib di Masjid PUSDAI bandung.Masjid yang megah dengan fasilitas yang cukup. Terasa enak dan tenang sekali saat tempat ibadah kita nyaman juga. Di masjid ini juga ada balai pertemuan yang biasa disewakan untuk pertemuan, biasanya disewa untuk acara syukuran nikah.

Selesai sholat, makan sambil ngobrol sama Adinda. Dari sini ada beberapa bahan obrolan yang menjadikan saya semangat lagi.